BREAKING

Sabtu, 07 April 2012

Makanan khas suku dayak menyuke kalimantan barat


Dange Cake
Dange Cake

Indonesia memiliki berbagai macam jenis makanan. Dari gorengan, sup, dan lain-lain, disetiap daerah di indonesia pasti memiliki berbagai macam makanan unik. Kali ini saya akan membahas makanan khas suku dayak dari kalimantan barat tempat kelahiran saya.
Makanan yang saya bahas kali ini adalah makanan yang sering digunakan pada pesta maupun acara adat. Mari mengenal lebih jauh makanan dari tempat kelahiran saya.
Kalo anda mau. Kalau tidak mau juga tidak apa-apa.
1. Lemang/pulut (po'e)
adalah makanan khas dari orang kalimantan barat. Meskipun juga banyak dijumpai makanan serupa diwilayah lain, malaysia juga mempunyai makanan khas lemang. Cara pembuatan lemang ialah dengan memasukan beras kedalam ruas bambu yang di dalam nya dilapisi daun pisang lalu diberi santan, dan bambu di panggang diatas bara api. Rasanya enak dan gurih, aroma nya itu lah yang membuat perut terasa tidak tahan ingin selalu di santap. Biasanya lemang di hidangkan disaat ada pesta perkawinan,syukuran maupun upacara adat.
2. Kue lepet.
Kue lepet adalah kue yang di lipat dengan daun pisang lalu di kukus. Lepet sebenar nya bahasa dayak yang berarti dilipat. Bahan-bahan nya antara lain beras yang di tumbuk sehingga menjadi tepung, kelapa parut, gula merah minyak goreng, dan daun pisang. Cara membuat nya buat adonan dengan tepung lalu masukan ke daun pisang yang sudah ditentukan ukuran nya juga sudah di oles dengan minyak goreng. Lalu buat isian dari kelapa parut dan gula merah cair. Setelah di isi di tutup hingga rata dan selanjutnya dikukus hingga matang. Kue lepet biasanya di hidangkan ketika ada pesta dan upacara adat.

3. Tampi
kue tampi adalah kue yang tidak ada rasa tetapi wajib hadir ketika ada upacara adat. Ukuran nya kecil-kecil bahan membuatnya adalah tepung beras yang di goreng.
4. kue dange
kue yang terbuat dari parutan kelapa, tepung dan gula. Lalu di panggang di pemanggang khusus kue dange. Biasanya kue ini ada di saat pesta maupun biasanya dijual sebagai camilan.

5. Kue lepet pisang
kue yang sama bentuknya dengan kue lepet tetapi bedanya tepung terbuat dari pisang. Isian nya juga pisang lalu di lipat dengan daun pisang, dan dikukus hingga matang. Baunya sedap dan khas. Bertekstur kenyal dan manis pisang kukus. Hmmm membuat saya lapar. Hehehe.... Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas di daerah saya tetapi kurangnya informasi maka cuma hanya 5 saja yang saya bahas. Bagi anda semua yang akan berkunjung ke kalimantan barat tidak ada salahnya mencicipi makanan khas suku kami hehehe... Maaf artikel saya tidak menyertakan gambar makanan nya karena sekarang bukan musim pesta dan upacara adat

sumber : yadibagayo.blogspot.com

5 komentar :

  1. haha, klo udah musim pesta & upacara adat, segera upload gambarnya ya bang admin. Kita semua masih penasaran ni... sukses selalu CeritaDayak :)

    BalasHapus
  2. Setelah membaca artikelnya,,, jadi ingat ne di rumah.

    Jangan lupa berkunjung di:

    Cara SEO Google Untuk Meningkatkan Pengunjung Blogger atau Web

    Salam sukses selalu dari Dapah blog

    BalasHapus
  3. powe-nya ka' mae yukng ko' nana..??

    BalasHapus
  4. wah,, itu tu makanan favorit ku,,

    BalasHapus
  5. Ga lengkap di sertakan gambar.... Tapi kue dange sama lemang mantap uga rasa nya....

    BalasHapus

 
Copyright © 2009-2013 Cerita Dayak. All Rights Reserved.
developed by CYBERJAYA Media Solutions | CMS
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Flickr YouTube