BREAKING

Minggu, 03 Juni 2012

Panglima Kumbang Hanya Nama Julukan untuk Udin Balok Bukan Gelar


Ceritadayak - Bagi masyarakat Dayak gelar Pangkalima (baca Panglima-red) bukanlah gelar sembarang gelar. Seseorang yang menyandang gelar Pangkalima adalah sosok yang di anggap terpandang di masyarakat karena memiliki kelebihan dan selalu menjadi pelindung masyarakat Dayak. Seroang Pangkalima juga jarang mau menampakan diri di masyarakat sebagai seorang Pangkalima melainkan sebagai rakyat biasanya, makanya ada beberapa Pangkalima yang masih misterius keberadaannya. Sosok Pangkalima selalu di gambarkan sebagai seorang yang sederhana dan bersahabat dengan semua orang. 

Berita Udin Balok yang akhir-akhir ini mencuat ke public setelah Udin tampil di beberapa acara infotaimen di station tv swasta nasional bersama musisi ternama Ahmad Dhani dan mengaku sebagai Pangkalima Burung sangat mengelitik perasaan saya sebagai putra Dayak. Juga membingungkan masyarakat Dayak khusnya yang ada di Kalimantan Timur dan bertanya-tanya siapa sbenarnya Udin Balok?

Sebenarnya sosok Udin Balok bukan asing di telinga saya masyarakat Dayak, saya ingat persis ketika kami melakukan aksi dami di Bundaran HI Jakarta pada tanggal 8 januari 2011 lalu saat mengecam pernyataan professor Thamrin Amal Tamagola yang melecehkan masyarakat Dayak, Udin Balok hadir di sana dan mengaku Pangkalima Kumbang. Saya ingat betul waktu itu ketika ada yg bertanya bapak siapa? Udian menjadwab “Orang-orang memanggilku Pangkalima Kumbang”. 

Saya mencoba memburu informasi dari berbagai pihak untuk mencari kebenaran tentang Udin Balok. Saya ingat sahabat saya di Balikpapan Kalimantan Timur, pernah sedikit bercerita tentang sosok Udin Balok kepada saya ketika kami berkunjung ke Samarinda dan Balikpapan pada awal mei 2012 lalu saat menghadiri rakernas MADN di Samarinda. 

Saya menghubungi pak Thoeseng Asang via telfon seleler, beliau adalah Anggota Pengurus MADN di Bidang Kebudayaan dan Pariwisata yang hari Jumat (01/06/2012) lalu datang ke Samarinda untuk menemui secara langsung Udin Balok. Beliau menjelakan bahwa nama Pangkalima Kumbang yang di sandang Dia (Udin Balok) hanya julukan kepadanya. 

“Pangkalima Kumbang itu sesungguhnya hanya julukan kepada dirinya karena dia sering berpergian kesana-sini seperti Kumbang (binatang-red) dan lama-kelamaan orang di sekitarnya memanggil dia dengan sebutan Pangkalima Kumbang. Jadi panggilan Pangkalima Kumbang pada Udin Balok bukan merupakan gelar Pangkaliman Dayak seperti berita di masyarakat selama ini” Tegas Thoeseng yang mendengar cerita langsung dari Udin Balok 

Mengakhiri percakapan dengan kami, pak Thoeseng mengatakan bahwa ini di lakukan untuk memberikan klarifikasi kepada masyarakat agar tidak ada masyarakat yang sesat infomrasi jelasnya.  

5 komentar :

  1. suip gan, bermanfaat infonya

    BalasHapus
  2. @ humbaba : Pemikiran anda terlalu pendek

    BalasHapus
  3. buat pemiliki website ini, tolong komentar humbaba the manager dihapus saja. komentar humbaba tidak pantas muncul diwebsite ini.

    Setiap pendatang di kalimantan harus bertamu dengan baik.
    Pendatang di kalimantan tidak boleh arogan, ingat sebagai tamu kita harus tahu diri.

    Hormati budaya dan adat penduduk setempat.

    BalasHapus
  4. @Humbaba : Makanya Negara Indonesia ini tidak maju..begitu banyak pemikiran seperti humbaba yang hanya dengan arogansinya. orang tua kami pernah berkata Bahwa : "SEDANGKAN LIDAH MASIH TERGIGIT APALAGI KEHIDUPAN DIDUNIAWI INI".
    "MANGKOK DAN CANGKIR MASIH SAJA TERGESER, APALAGI MULUT MANUSIA"
    Perlu saya jelaskan kepada anda @humbaba, bahwa orang seperti anda hanya menyusahkan Negara Indonesia yang telah melahirkan anda. seharusnya anda hidup di indonesia dan numpang di Indonesia sadar, akan betapa busuk diri anda. jadilah tauladan jika anda mau merubah semua ini. ""ASU MA'AN DI BARE' MA'AN - AHE AGEK MANUSIA" Artinya ""ANJING SAJA DIBERIKAN MAKAN - APALAGI MANUSIA". itu pepatah dalam bahasa AHE, anda harus bisa memahami dan menimbang hidup ini.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  5. SAYA PAK HARIS INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA BAHWA SAYA INI DULUNYA ORANG YANG PALING SENSARA DIDUNIA.SETIAP HARI ISTRI SAYA SELALU MENGELUH TENTAN MASALAH EKONOMI BAHKAN KAMI PERNAH TIDAK MAKAN DALAM 1 HARIL 1 MALAM,KE ESOKAN HARINYA ADA TETANNGA KAMI YG MEMBAWAKAN MAKANAN DAN TIDAK DISENGAJA DIA JG BERCERITA TENTAN MASALAH HIDUPNYA DULU DAN AKHIRNYA DIA MEMBERIKAN NO KI WARA..TIDAK BERPIKIR PANJAN SY LANSUN MENGHUBUNGI KI WARA DAN ALHAMDULILLAH BELIAU SANGAT MEMBANTU SAYA DAN SY SANGAT BER TERIMAKASIH KEPADA KI WARA ATAS BANTUANNYA YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU (0640) SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL DAN KINI SAYA SANGAT BAHAGIA MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA YG SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA DAN MEREKA JUGA TDK PERNAH LAGI MENGELUH MASALAH KEUWANGN,,KAMI JG SUDAH BERENCANA INGIN MEMBUKA TOKO SENDIRI ITU SEMUA BERKAT BANTUAN KI WARA DAN BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA YG MEMERLUKAN BANTUAN KI WARA SILAHKAN HUB 082322214888 SILAHKAN ANDA MEMBUKTIKANNYA SENDIRI.????

    BalasHapus

 
Copyright © 2009-2013 Cerita Dayak. All Rights Reserved.
developed by CYBERJAYA Media Solutions | CMS
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Flickr YouTube